Jumat, 29 April 2016

Download RPP Pembelajaran Kelas Rangkap

    Pemerintah rencananya akan menjalankan peraturan rasio 1 banding 20 antara guru dan jumlah murid sebagai salah syarat pencairan TPG. Untuk mengantisipasi resiko adanya peraturan ini, Pemkab Lumajang melalui Dinas Pendidikan setempat mengeluarkan surat keputusan marger dan regroup murni pada beberapa sekolah yang berjumlah siswa kecil.

    Salah satu imbas dari keputusan tersebut, ada 2 sekolah dasar negeri yang di marger dengan sekolah terdekat yaitu SDN Pasrujambe 04 dan SDN Pasrujambe 07. SD Negeri Pasrujambe 01 sebagai sekolah inti penerima marger SDN Pasrujambe 01, menjalankan pembelajaran kelas rangkap.
    Pada awal bulan April lalu, telah diadakan workshop kelas rangkap bagi guru di sekolah terimbas marger. Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari di Gedung PGRI Kecamatan Kedungjajang dan diikuti sekitar 50 peserta. Pemateri workshop berasal dari pengawas SD Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang.
   Pada workshop ini dijelaskan tentang Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) yang dapat digunakan pada pengelolaan kelas di sekolah terimbas marger. Pada kesempatan tersebut setiap peserta diminta untuk membuat RPP PKR dengan beberapa tipe. Diantaranya tipe 222, 221. 333 dan 331.
  
 Berikut ini salah satu contoh RPP PKR dengan tipe 333 :


RPP KELAS RANGKAP

Satuan Pendidikan         :  SDN Pasrujambe 01
Mata Pelajaran / Tema   :  IPA / Lingkungan (Kelas 1)
                                           B.Indonesia / Permainan (Kelas 2)
                                           IPA / Pendidikan (Kelas 3)
Kelas / Semester             :  1, 2 dan 3 / Genap
Model PKR                      :  3-3-3
Alokasi waktu                 :  2 x 35 menit

A.    Standart Kompetensi
Lingkungan (Kelas 1)      : 6. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta  pengaruhnya terhadap  kegiatan manusia.
Permainan (Kelas 2)        : 2. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Pendidikan (Kelas 3)       : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

B.     Kompetensi Dasar
Lingkungan (Kelas 1)
6.1 Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
Permainan (Kelas 2)
2.2 Mendeskripsikan benda benda langit disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
Pendidikan (Kelas 3)
6.1     Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
  
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
 Lingkungan (Kelas 1)
·     Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
Permainan (Kelas 2)
·     Menjelaskan ciri-ciri benda langit secara rinci dengan pilihan kata runtut.
·     Mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Pendidikan (Kelas 3)
·         Menyebutkan jenis – jenis awan.
·         Mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan.

D.    Tujuan Pembelajaran
Lingkungan (Kelas 1)
  • Dengan mengamati gambar beberapa benda langit dan tanya jawab, peserta didik mampu menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari secara peraya diri.
Permainan (Kelas 2)
  • Dengan disediakan gambar beberapa benda langit serta pengerjaan tugas, peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri benda langit dengan pilihan kata runtut secara rinci.
  • Dengan permainan “Tebak Aku”, peserta didik mampu mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Pendidikan (Kelas 3)
  • Dengan bertukar informasi antar kelompok dalam pengerjaan LK, peserta didik mampu menyebutkan jenis – jenis awan dengan percaya diri.
  • Dengan mencermati penjelasan yang disajikan pada buku peserta didik, peserta didik mampu mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan dengan mandiri.
 E.     Materi Pembelajaran
Materi:
bintang kecil
bintang kecil di langit yang biru
amat banyak menghias angkasa
aku ingin terbang dan menari
jauh tinggi ke tempat kau berada
 

Selengkapnya download RPP Pembelajaran Kelas Rangkap di sini

  Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat dan dapat memotivasi sahabat guru untuk menjadi guru yang lebih kreatif dan semangat menebar kebaikan
Selamat berkreasi,
Selamat berinovasi,
Indahnya berbagi ilmu,
Berbagi kebaikan.

2 komentar :

  1. terima kasih atas berbaginya sangata membantu saya dalam hal pembuatan RPP semoga sukses selalu

    BalasHapus
  2. terima kasih telah berbagi ilmunya.suksess selalu.amiinn

    BalasHapus