Rabu, 20 April 2016

Pemanfaatan Batang Kaligi dalam Perkalian dan Pembagian Kelas 2 SD

      Pada pembelajaran matematika kelas 2, dikenalkan perkalian sebagai penjumlahan berulang dan pembagian sebagai pengurangan berulang. Siswa di Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas II masih banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar perkalian dan pembagian. Hal ini bertentangan dengan tujuan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar yang lebih mengutamakan siswa dapat memahami, mengenal serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan prakteknya dalam kehidupan sehari-hari.(Ruseffendi,1988).
        Untuk itu diperlukan guru matematika yang berkualitas, yang menguasai pendekatan, strategi, model, dan metode mengajar yang bervariasi sehingga dapat mengelola kegiatan pembelajaran matematika yang optimal pada berbagai situasi siswa dan materi pembelajaran.
Gambar Batang Kaligi
         Batang Kaligi adalah salah satu alat peraga untuk bermain dan belajarlebih dalam tentang perkalian dan pembagian dengan cara yang menyenangkan. Batang Kaligi merupakan singkatan dari Batang Perkalian dan Pembagian. Batang Kaligi ini terbuat dari batang kayu dengan panjang 10cm dengan beberapa macam warna dengan tujuan agar siswa lebih tertarik.
          Alat ini disebut Batang Kaligi karena alat ini dapat mencari hasil perkalian dan pembagian dari bilangan–bilangan yang diinginkan tanpa membuat operasi bersusun atau menghitung dengan jari tangan. Alat ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan bilangan yang mau dicari hasil perkalian dan pembagiannya dengan cara menambah jumlah lidinya. Syarat awal dalam menggunakan Lidi Berhitung ini, siswa harus memahami konsep tentang perkalian suatu bilangan.
        Misalnya, Kita akan menentukan hasil perkalian dari 3 x 4 dengan Batang Kaligi, caranya sebagai berikut :
  1. Letakkan 4 buah batang kaligi di atas meja.
  2. susun ke bawah atau ke samping 4 buah batang kaligi lainnya
  3. Lanjutkan langkah kedua hingga 3 susunan
  4. Kemudian hitung jumlah seluruh batang kaligi yang telah tersusun.
  5. Setelah dihitung jumlah batang tersebut ada 12 buah, maka dapat disimpulkan bahwa hasil perkalian 3 x 4 adalah 12       
       Mudah bukan cara mengaplikasikan alat peraga ini dalam pembelajaran matematika? Alat peraga ini tentunya akan sangat menarik perhatian dan minta siswa terhadap pelajaran. Mari ciptakan pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan!
       
Untuk lebih memudahkan sahabat guru berikut ini RPP dan Silabus Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Batang Kaligi. Selengkapnya download Pembelajaran menggunakan Batang Kaligi di sini.

Selamat berkreasi sahabat guru !
Semoga menjadikan pembelajaran lebih bermakna.
Indahnya berbagi ilmu,
Berbagi kebaikan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar