Senin, 02 Mei 2016

Pertandingan KUKAR, Mengenal Lebih Jauh Bilangan Pangkat Dua

Salam kreatif!!!
       Sahabat guru yang berbahagia, hari ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita". Sebagai barisan terdepan pencetak para generasi penerus bangsa, guru layaknya pelita dalam kehidupan para putra bangsa. Guru juga sebagai pembimbing sekaligus penentu arah para putra bangsa menggapai cita-cita.
 
    Perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran senantiasa harus tetap diupayakan dan dilaksanakan dengan jalan meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui peningkatan kualitas pembelajaran, siswa akan semakin termotivasi dan belajar, daya kreativitasnya akan semakin meningkat, semakin positif sikapnya, semakin bertambah jenis pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai, dan semakin mantap pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
        Untuk itu diperlukan guru yang berkualitas, yang menguasai pendekatan, strategi, model, dan metode mengajar yang bervariasi sehingga dapat mengelola kegiatan pembelajaran matematika yang optimal pada berbagai situasi siswa dan materi pembelajaran. Namun karena berbagai sebab, kenyataan dilapangan sering tidak sesuai dengan harapan para guru. 
      Siswa di Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas V masih banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar perkalian dan pembagian. Hal ini bertentangan dengan tujuan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar yang lebih mengutamakan siswa dapat memahami, mengenal serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan prakteknya dalam kehidupan sehari-hari.(Ruseffendi,1988). Salah satu cara kita adalah dengan pembelajaran bilangan kuadrat dan akar kuadrat menggunakan KUKAR. 
KUKAR (Kartu Kuadrat dan Akar Kuadrat)
         KUKAR adalah akronim dari Kartu Kuadrat dan Akar Kuadrat. KUKAR adalah salah satu alat peraga untuk bermain dan belajar lebih dalam tentang bilangan kuadrat dan akar kuadrat dengan cara yang menyenangkan. Kartu ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 2 x 5 cm, dibagi menjadi 2 bagian. Sisi yang satu ditulis berupa operasi hitung kuadrat bilangan bulat, sedangkan sisi yang lain adalah bilangan-bilangan hasil dari operasi akar kuadrat. Kita dapat menggunakan kartu domino, dengan menutup kartu tersebut dengan kertas manila menggunakan lem. 
         Aturan kerja yang mesti harus diperhatikan dalam memainkan kartu hitung ini adalah sebagai berikut :
1.      Aturan permainannya hampir sama seperti bermain kartu domino.
2.      Pemain maksimal 4 orang
3.      Kartu hitung mula-mula diacak kemudian dibagi kepada pemain sampai habis.
4.      Untuk menutup satu bagian dari kartu
* Jika yang ditutup adalah bilangan pangkat dua,maka kita harus menutupnya dengan bilangan akar pangkat duanya.
* Jika yang ditutup adalah bilangan akar pangkat dua,maka kita harus menutupnya dengan bilangan  pangkat duanya.
 


Angka 36 adalah bilangan hasil dari 6² . Maka angka 36 dapat ditutup dengan 6², atau sebaliknya 6² dapat ditutup angka 36
cara memainkan KUKAR
 
Tertarik menggunakan Kukar sebagai alat permainan pembelajaran? Mari ciptakan pembelajaran bermakna, menyenangkan dan mengembangkan kreatifitas dan minat siswa.
Download RPP Pertandingan KUKAR, mengenal lebih jauh bilangan pangkat dua di sini
Download juga Silabus Pembelajarannya di sini

Selamat mencoba!
Selamat berkreasi!
Indahnya berbagi ilmu.
Berbagi kebaikan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar