Minggu, 22 Mei 2016

Libertung, Belajar Penjumlahan Lebih Mudah

Apa kabar sahabat guru?
Semoga tetap semangat untuk berbagi ilmu dan kebaikan.

    Perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran senantiasa harus tetap diupayakan dan dilaksanakan dengan jalan meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui peningkatan kualitas pembelajaran, siswa akan semakin termotivasi dan belajar, daya
kreativitasnya akan semakin meningkat, semakin positif sikapnya, semakin bertambah jenis pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai, dan semakin mantap pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
   Siswa di Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas I masih banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar penjumlahan dan pengurangan. Hal ini bertentangan dengan tujuan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar yang lebih mengutamakan siswa dapat memahami, mengenal serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan prakteknya dalam kehidupan sehari-hari.(Ruseffendi,1988).  
    Untuk itu diperlukan guru matematika yang berkualitas, yang menguasai pendekatan, strategi, model, dan metode mengajar yang bervariasi sehingga dapat mengelola kegiatan pembelajaran matematika yang optimal pada berbagai situasi siswa dan materi pembelajaran. Namun karena berbagai sebab, kenyataan dilapangan sering tidak sesuai dengan harapan para guru matematika. 
   Alat peraga berfungsi untuk menurunkan keabstrakan konsep agar siswa mampu menangkap konsep tersebut. Dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dimaksudkan agar siswa dapat mengoptimalkan panca indera dalam proses pembelajaran, sebab siswa dapat melihat, meraba, merasakan serta bisa menggunakan objek yang dipelajari.
   Lidi Berhitung adalah salah satu alat peraga untuk bermain dan belajar lebih dalam tentang penjumlahan dan pengurangan dengan cara yang menyenangkan. Lidi berhitung ini terbuat dari batang bambu dengan panjang 10cm dan berwarna merah serta kuning. Warna merah untuk bilangan pertama dan warna kuning untuk bilangan kedua. 
Gambar Lidi Berhitung
    Alat ini disebut Lidi Berhitung karena alat ini dapat mencari hasil perjumlahan dan pengurangan dari bilangan–bilangan yang diinginkan tanpa membuat operasi bersusun atau menghitung dengan jari tangan. Alat ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan bilangan yang mau dicari hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara menambah jumlah lidinya , baik lidi merah ataupun lidi kuning. 
Aturan kerja yang mesti harus diperhatikan dalam menggunakan Lidi Berhitung ini adalah sebagai berikut :
1.Syarat awal dalam menggunakan Lidi Berhitung ini, siswa harus hafal urutan bilangan-bilangan bulat
2.Lidi Merah diletakkan satu per satu di atas meja sesuai dengan bilangan awal operasi penjumlahan yang akan dicari.
3.Kemudian lidi kuning diletakkan di samping lidi merah satu per satu sesuai dengan bilangan kedua dari operasi tersebut.
4. Kemudian untuk mengetahui hasil dari operasi hitung penjumlahan tersebut, maka tinggal menghitung jumlah dari lidi merah dan lidi kuning.
Misalnya:
1. Kita akan menentukan hasil penjumlahan dari 12 dan 9
Caranya:
a)      Letakkan lidi merah sebanyak 12 buah di atas meja.
b)      Kemudian letakkan lidi kuning di samping lidi merah sebanyak 9 buah.
c)      Setelah dihitung jumlah lidi tersebut ada 21 buah, maka dapat ditentukan bahwa hasil penjumlahan 12 dan 9 adalah 21.
Libertung, belajar penjumlahan lebih mudah
Pengerjaan Penjumlahan dengan Lidi Berhitung


Selengkapnya download RPP Libertung di sini

Demikian semoga bermanfaat.
Indahnya berbagi ilmu, berbagi kebaikan.
Selamat menebar benih ilmu pada para putra putri penerus bangsa ^_^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar