Senin, 23 Mei 2016

Download PTK Bahasa Indonesia model 3T

   Sahabat guru yang berbahagia, agar tujuan pendidikan tercapai secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
   Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dikembangkan
untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah metode pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share. Yang dimaksud metode pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share adalah salah satu cara mengajar, di mana siswa diarahkan untuk duduk berpasangan empat–empat untuk setiap kelompoknya. Teknik ini bisa memberikan kebebasan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan teman.

   Kali ini kami akan berbagi contoh PTK Bahasa Indonesia dengan menggunakan model kooperatif 3T. Materi yang dipilih adalah dialog pada siswa kelas 5. Sedangkan pengertian dialog kamus besar Bahasa Indonesia adalah percakapan (sandiwara, cerita, dsb); karya tulis yg disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih.(Tim penyusun kamus pusat,2002 :11) 
   Menurut Ilham Zoebazary dialog adalah komunikasi yang mendalam, memiliki tingkat dan kualitas yang tinggi sekaligus mencakup kemampuan untuk mendengarkan serta saling berbagi pandangan. Ini menurut kemampuan untuk secara bebas dan kreatif memahami isu-isu yang peka, disamping kemampuan untuk saling menyimak secara seksama pendapat pihak lain yang berbeda, serta menunda pendapat kita sendiri. (Ilham Zoebazary,2005:26)
  Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan dialog merupakan kegiatan komunikasi berupa percakapan antara antara dua tokoh atau lebih yang sistematis. Dapat disimpulkan bahwa pengertian menulis dialog adalah kegiatan menggali pikiran dan perasaan mengenai percakapan antara antara dua tokoh atau lebih dengan menggunakan proses kreatif dan menghasilkan bahasa yang dimengerti orang lain.
  
Selengkapnya download PTK Bahasa Indonesia Model 3T di sini.
Demikian semoga bermanfaat.
Indahnya berbagi ilmu, berbagi kebaikan.
Selamat berkarya. ^_^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar