Selasa, 24 Mei 2016

Bersama Mis Tubilbul, Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat


    Perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran senantiasa harus tetap diupayakan dan dilaksanakan dengan jalan meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui peningkatan kualitas pembelajaran, siswa akan semakin termotivasi dalam belajarnya, daya kreativitasnya akan semakin meningkat, semakin positif sikapnya, semakin bertambah jenis pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai, dan semakin mantap pemahaman terhadap materi yang dipelajari. 

   Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan secara nasional, telah dilakukan pengkajian ulang terhadap kurikulum. Sehingga terjadi penyempurnaan kurikulum dari waktu ke waktu. Salah satunya dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.
Agar proses  belajar dapat berlangsung dengan efektif para guru hendaknya memperhatikan faktor–faktor sebagai berikut (Surya, 2006:56): 1)penjabaran tujuan, 2)memotivasi kepada siswa, 3)penggunaan model, 4)urutan materi, 5)bantuan dalam usaha pertama, 6)pengaturan latihan secara efektif, 7)masalah perbedaan individu, 8)evaluasi dan bimbingan, 9)usaha menghafal, 10)bantuan dalam aplikasi hasil belajar.
    Untuk itu diperlukan guru matematika yang berkualitas dan profesional, yang menguasai pendekatan, strategi, model, dan metode mengajar yang bervariasi sehingga dapat mengelola kegiatan pembelajaran matematika dengan optimal pada berbagai situasi dan kondisi serta materi pembelajaran.  
   Untuk itu perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat kelas V dengan memanfaatkan alat peraga berupa Mistar hitung, dengan harapan aktivitas siswa meningkat sehingga tercapai kualitas pembelajaran yang pada akhirnya berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Bersama Mis Tubilbul, Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat
Gambar Mistar Hitung Bilangan Bulat
   Mistar dalam kamus bahasa indonesia adalah kayu penggaris, dalam hal ini mistar garis bertuliskan angka-angka bilangan bulat dari kiri ke kanan yaitu bilangan negatif, bilangan nol, dan bilangan positif.
    Mistar hitung bilangan bulat (Mis Tubilbul) adalah salah satu alat peraga untuk memperagakan cara pengerjaan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang sudah dikombinasi untuk bermain dan belajar lebih dalam terutama dalam pengerjaan hitung bilangan bulat negatif dengan cara yang menyenangkan. Mistar hitung ini dibuat sederhana dari kertas karton. Untuk guru ukurannya lebih besar yaitu 5 X 100 cm sebagai peragaan di depan kelas, sedangkan untuk siswa ukuran 1,5 X 14 cm disesuaikan dengan ukuran buku atau lembar kerja siswa. Ukuran tersebut dibagi 20 bagian dengan rentangan dari angaka -10 sampai dengan +10. Model ini dibuat 2 buah dengan warna yang berbeda (atas dan bawah).
   Mistar pertama (M1) deretan angkanya terletak dibagian bawah, sedangkan mistar kedua (M2) deretan angkanya terletak di atas, sehingga jika dihimpitkan kedua angka (titik angka) tersebut bisa berdekatan dan seletak, seperti pada gambar di bawah ini.
Mistar pertama (M1) deretan angkanya terletak dibagian bawah, sedangkan mistar kedua (M2) deretan angkanya terletak di atas

Selengkapnya download PTK Mis Tubilbul di sini.
Demikian semoga bermanfaat.
Selamat berbagi ilmu dan kebaikan. 
Tetap semangat mendidik para putra penerus bangsa.
Indahnya berbagi ilmu, berbagi kebaikan. ^_^

1 komentar :

  1. Titanium Hair Clipper | Titsanium Hair Clipper
    Titsanium Hair titanium flask Clipper is a 3D cutting tool that makes cutting is titanium expensive tools your 바카라 몬 body hair in a race tech titanium flexible and flexible benjamin moore titanium manner.

    BalasHapus