Minggu, 01 Mei 2016

Bermain Dakon Model 3B, Senang Mencari FPB dan KPK

Bagaimana acara weekend sahabat guru?
Pasti seru dan asyik bukan?
Waktunya bersiap untuk aktifitas esok hari. Kali ini mari ajak anak-anak belajar sambil bermain dengan permainan dakon yang tak asing lagi buat kita. Bagaimana caranya?
Simak terus yuk artikelnya!
Dakon atau ada yang menyebut congklak merupakan alat permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak. Hal ini yang mendasari ide untuk menggunakan dakon sebagai alat permainan pembelajaran untuk menghitung Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Dakon yang digunakan bisa menggunakan dakon biasa untuk anak bermain atau memodifikasi sendiri dakon dari alat dan bahan yang sederhana misalnya bilah bambu ataupun gabus bekas.
Kami menggunakan Dakon Model 3B yang terbuat dari gabus bekas dengan memodifikasi dan mewarnainya agar nampak indah dan lebih  menarik minat untuk memainkannya. 
Dakon Model 3B
Aturan kerja yang mesti harus diperhatikan dalam menggunakan Dakon Model 3B ini adalah sebagai berikut :
1.      Syarat awal dalam menggunakan Dakon Model 3B ini, siswa harus hafal kelipatan dan perkalian.
2.     Di samping barisan lubang dakon diletakkan kartu bilangan yang akan dicari KPK dan FPBnya.
3.    Kemudian biji–biji dakon satu per satu diletakkan di lubang dakon sesuai dengan kelipatan untuk mencari KPK dan perkalian faktor untuk mencari FPB.
4.    Dari baris lubang pertama kedua dan ketiga, dapat ditentukan KPK dan FPBnya dengan melihat biji dakon yang letaknya satu kolom atau berada pada nomor lubang dakon yang sama.
5.   Dakon Model 3B ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan bilangan yang mau dihitung dengan cara menambah lubang pada dakon, baik yang memanjang maupun yang membujur.
Misalnya:
1. Kita akan menentukan KPK dari 2 dan 3
Caranya:
a)      Letakkan biji–biji dakon sejumlah kelipatan 2 di lubang baris pertama sesuai dengan nomor lubang dakon dan kelipatan dua, yaitu 2, 4, 6, 8, dan seterusnya.
b)      Kemudian saat menjabarkan kelipatan 3, siswa meletakkan biji dakon di lubang–lubang baris kedua sesuai nomor lubang dakon dan kelipatan 3, yaitu 3, 6, 9, dan seterusnya.
c)      Karena dari baris lubang pertama dan kedua, biji dakon pada nomor lubang  6 letaknya satu kolom atau berada pada nomor lubang dakon yang sama, maka dapat ditentukan KPK dari 2 dan 3 adalah 6.

cara mencari KPK menggunakan dakon

2. Kita akan menentukan FPB dari 12 dan 18
Caranya:
a)    Letakkan biji–biji dakon di lubang baris pertama sesuai dengan nomor lubang dakon dan faktor dari 12, yaitu 1, 2, 3, 4, 6, 12
b)    Kemudian saat menjabarkan faktor dari 18, siswa meletakkan biji dakon di lubang–lubang baris kedua sesuai nomor lubang dakon dan faktor dari 18, yaitu 1, 2, 3, 6, 9, 18 
c)   Karena dari baris lubang pertama dan kedua, biji dakon pada nomor lubang  6 letaknya satu kolom atau berada pada nomor lubang dakon yang sama, maka dapat ditentukan FPB dari 12 dan 18 adalah 6.
cara mencari FPB dengan dakon


 
    Suasana saat mencari FPB dan KPK dengan Dakon Model 3B sangat menyenangkan. Anak-anak nampak tertarik dan antusias menggunakannya. Memberikan pengalaman baru bagi anak dan akan tertanam kesan mempelajari matematika ternyata lebih menyenangkan. Sehingga anak akan semangat untuk mengikuti pelajaran matematika yang biasanya ditakuti oleh anak.
          Mari menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk mengurangi rasa bosan siswa.
         


Ingin tahu selengkapnya pembelajaran menghitung FPB dan KPK suatu bilangan dengan       
menggunakan Dakon Model 3B, download  Silabus Pembelajaran di sini 
Download juga RPP lengkapnya di sini.
 
Semoga bermanfaat. 
Selamat berkreasi.
Indahnya berbagi ilmu,
Berbagi kebaikan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar