Semoga tetap semangat untuk berbagi ilmu dan kebaikan.
Perbaikan mutu pendidikan dan
pengajaran senantiasa harus tetap diupayakan dan dilaksanakan dengan jalan
meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui peningkatan kualitas pembelajaran,
siswa akan semakin termotivasi dan belajar, daya
kreativitasnya akan semakin
meningkat, semakin positif sikapnya, semakin bertambah jenis pengetahuan dan
keterampilan yang dikuasai, dan semakin mantap pemahaman terhadap materi yang
dipelajari.
Siswa di Sekolah Dasar (SD)
khususnya kelas I masih banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar penjumlahan
dan pengurangan. Hal ini bertentangan dengan tujuan pembelajaran matematika di
Sekolah Dasar yang lebih mengutamakan siswa dapat memahami, mengenal serta
mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan prakteknya dalam kehidupan
sehari-hari.(Ruseffendi,1988).
Untuk itu diperlukan
guru matematika yang berkualitas, yang menguasai pendekatan, strategi, model,
dan metode mengajar yang bervariasi sehingga dapat mengelola kegiatan
pembelajaran matematika yang optimal pada berbagai situasi siswa dan materi
pembelajaran. Namun karena berbagai sebab, kenyataan dilapangan sering tidak
sesuai dengan harapan para guru matematika.
Alat peraga berfungsi
untuk menurunkan keabstrakan konsep agar siswa mampu menangkap konsep tersebut.
Dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dimaksudkan agar
siswa dapat mengoptimalkan panca indera dalam proses pembelajaran, sebab siswa
dapat melihat, meraba, merasakan serta bisa menggunakan objek yang dipelajari.
Lidi Berhitung adalah salah
satu alat peraga untuk bermain dan belajar lebih dalam tentang penjumlahan dan
pengurangan dengan cara yang menyenangkan. Lidi berhitung ini terbuat dari batang
bambu dengan panjang 10cm dan berwarna merah serta kuning. Warna merah untuk
bilangan pertama dan warna kuning untuk bilangan kedua.
Gambar Lidi Berhitung |
Alat ini disebut Lidi
Berhitung karena alat ini dapat mencari hasil perjumlahan dan pengurangan dari
bilangan–bilangan yang diinginkan tanpa membuat operasi bersusun atau
menghitung dengan jari tangan. Alat ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan
bilangan yang mau dicari hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara
menambah jumlah lidinya , baik lidi merah ataupun lidi kuning.
Aturan kerja yang mesti
harus diperhatikan dalam menggunakan Lidi Berhitung ini adalah sebagai berikut
:
1.Syarat awal
dalam menggunakan Lidi Berhitung ini, siswa harus hafal urutan
bilangan-bilangan bulat
2.Lidi Merah diletakkan
satu per satu di atas meja sesuai dengan bilangan awal operasi penjumlahan yang
akan dicari.
3.Kemudian lidi
kuning diletakkan di samping lidi merah satu per satu sesuai dengan bilangan
kedua dari operasi tersebut.
4. Kemudian untuk
mengetahui hasil dari operasi hitung penjumlahan tersebut, maka tinggal
menghitung jumlah dari lidi merah dan lidi kuning.
Misalnya:
1. Kita akan menentukan hasil
penjumlahan dari 12 dan 9
Caranya:
a) Letakkan lidi
merah sebanyak 12 buah di atas meja.
b) Kemudian letakkan
lidi kuning di samping lidi merah sebanyak 9 buah.
c) Setelah
dihitung jumlah lidi tersebut ada 21 buah, maka dapat ditentukan bahwa hasil
penjumlahan 12 dan 9 adalah 21.
Pengerjaan Penjumlahan dengan Lidi Berhitung |
Selengkapnya download RPP Libertung di sini
Indahnya berbagi ilmu, berbagi kebaikan.
Selamat menebar benih ilmu pada para putra putri penerus bangsa ^_^
Tidak ada komentar :
Posting Komentar