Khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,
agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik, maka proses
pembelajaran kontektual, guru akan memulai membuka pelajaran dengan
menyampaikan kata kunci, tujuan yang ingin dicapai, baru memaparkan isi dan
diakhiri dengan memberikan soal-soal kepada siswa.
Masalah keberhasilan dalam
pembelajaran IPS merupakan masalah yang penting sebab menyangkut masa depan
siswa, terutama siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pendekatan-pendekatan
cara belajar adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan memotivasi
siswa dalam penguasaan siswa terhadap materi kompetensi dasar tertentu. Dalam
hal ini guru dituntut bagaimana cara agar siswa dapat memahami materi dengan
baik sehingga
prestasi siswa dapat meningkat.
Keadaan ini mendorong guru untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya
peningkatan prestasi belajar dan
membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPS yang
ditunjukkan oleh adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan
peningkatan nilai ulangan hariannya.
Berikut ini salah satu contoh PTK IPS berjudul “Pemanfaatan
Media Pembelajaran Kartu Ateng Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar IPS pada siswa kelas VI SDN Pagowan 02 Tahun Pelajaran
2011/2012”.
Selamat berlatih, berkarya dan berprestasi !
Semoga menjadi guru yang dinantikan, penuh inovasi dan berdedikasi tinggi !
Tidak ada komentar :
Posting Komentar