Di sela persiapan hari kedua UN SD tahun 2016 ini, kami akan berbagi RPP PAKEM kelas 5 sebagai bahan persiapan memasuki awal tahun ajaran baru yang akan datang. PAKEM merupakan akronim Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. PAKEM merupakan
sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan
kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman
dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru
menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan
lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.Berikut ini RPP PAKEM kelas 5 :
Apersepsi dan Motivasi :
1. Guru mengajak semua peserta didik berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya. dengan melakukan
tanya jawab yang berkaitan dengan gangguan pada alat pencernaan.
a. Coba sebutkan
macam-macam gangguan pada alat pencernaan !
b. Apa usaha
kita agar alat pencernaan kita tetap sehat ?
3. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran yang akan dilaksanakan. dengan melakukan
tanya jawab yang berkaitan dengan alat peredaran darah.
a. Jika tangan kalian
terkena pisau, apa yang keluar tangan kalian?
b. Tahukah
kalian bagaimana darah beredar di dalam tubuh kita?
4. Peserta didik menerima informasi kompetensi,
meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
( 10 menit)
|
||
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
ü Disediakan
gambar peta konsep sistem peredaran darah manusia, peserta didik mengamati
dan dapat memahami
peta konsep tentang alat peredaran darah manusia
ü Disediakan
gambar sistem peredaran darah manusia, peserta didik mengamati dan dapat
memahami fungsi jantung dan pembuluh darah
ü Disediakan
gambar jantung, peserta didik mengamati dan dapat memahami bahwa
jantung terdiri dari empat ruang
ü Peserta didik mengamati gambar pembuluh darah
dan memahami
bahwa pembuluh darah terdiri dari dua arah aliran
Pembuluh Nadi (Arteri)
Pembuluh Balik (Vena)
v Elaborasi
ü
Peserta didik dibimbing untuk membentuk kelompok kerja
ü Setiap kelompok kerja mengamati gambar pembuluh darah
ü Peserta didik dalam kelompok kerjanya mengidentifikasikan dan
menulis
perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik
ü Setiap
kelompok kerja memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
ü Dengan
bimbingan guru, kelompok lain dapat memberikan tambahan pada pemeparan
tersebut.
ü Disediakan gambar sistem peredaran darah, setiap kelompok kerja mengamati
gambar tersebut
ü Peserta didik dalam kelompok kerjanya mengidentifikasikan dan
menulis pengertian
dan alur peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
ü Peserta didik
memajang hasil kerja kelompok mereka
bersama kelompok-kelompok lain di dinding kelas.
ü Satu orang
dari setiap kelompok tetap tinggal di dekat hasil karya kelompok untuk
menjelaskan isi hasil karya kelompok. Anggota kelompok yang lain bebas berkunjung
melihat hasil karya kelompok lain dan mencatat hal-hal baru yang mereka
lihat. (Kunjung karya)
ü
Setelah semua selesai berkeliling, peserta
didik kembali ke kelompoknya dan melengkapi hasil karya kelompoknya dengan
informasi baru hasil mengamati karya kelompok lain.
v Konfirmasi
ü Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
ü Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan berupa rangkuman
meteri dan tes akhir pembelajaran
|
(50 menit)
|
||
ü Guru melakukan refleksi dengan menggunakan
kartu senyum, untuk mengetahui ketertarikan siswa pada pelajaran yang telah
berlangsung.
ü Guru memberikan penghargaan kepada peserta
didik dan kelompok yang performa terbaik di kelas dengan menggunakan bintang prestasi
ü Peserta didik menempelkan bintang prestasi
dengan percaya diri
|
(10 menit)
|
Selengkapnya download RPP PAKEM kelas 5 di sini.
Download juga RPP Kelas Rangkap di sini.
Sekian dan semoga bermanfaat.
Indahnya berbagi ilmu, berbagi kebaikan.
Selamat menebar ilmu dan semangat ^_^
Tidak ada komentar :
Posting Komentar