Perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran senantiasa
harus tetap diupayakan dan dilaksanakan dengan jalan meningkatkan kualitas
pembelajaran. Melalui peningkatan kualitas pembelajaran, siswa akan semakin
termotivasi dalam belajarnya, daya kreativitasnya akan semakin meningkat,
semakin positif sikapnya, semakin bertambah jenis pengetahuan dan keterampilan
yang dikuasai, dan semakin mantap pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan secara
nasional, telah dilakukan pengkajian ulang terhadap kurikulum. Sehingga terjadi
penyempurnaan kurikulum dari waktu ke waktu. Salah satunya dengan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK). Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian
pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan
memahami alam sekitar secara ilmiah.
Agar proses belajar dapat berlangsung dengan efektif para
guru hendaknya memperhatikan faktor–faktor sebagai berikut (Surya, 2006:56):
1)penjabaran tujuan, 2)memotivasi kepada siswa, 3)penggunaan model, 4)urutan
materi, 5)bantuan dalam usaha pertama, 6)pengaturan latihan secara efektif, 7)masalah
perbedaan individu, 8)evaluasi dan bimbingan, 9)usaha menghafal, 10)bantuan
dalam aplikasi hasil belajar.
Untuk itu diperlukan
guru matematika yang berkualitas dan profesional, yang menguasai pendekatan,
strategi, model, dan metode mengajar yang bervariasi sehingga dapat mengelola
kegiatan pembelajaran matematika dengan optimal pada berbagai situasi dan kondisi
serta materi pembelajaran.
Untuk itu perlu diadakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yaitu pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
kelas V dengan memanfaatkan alat peraga berupa Mistar hitung, dengan harapan aktivitas
siswa meningkat sehingga tercapai kualitas pembelajaran yang pada akhirnya
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Gambar Mistar Hitung Bilangan Bulat |
Mistar dalam kamus
bahasa indonesia adalah kayu penggaris, dalam hal ini mistar garis bertuliskan
angka-angka bilangan bulat dari kiri ke kanan yaitu bilangan negatif, bilangan
nol, dan bilangan positif.
Mistar hitung bilangan bulat (Mis Tubilbul) adalah salah satu alat peraga untuk memperagakan
cara pengerjaan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang sudah
dikombinasi untuk bermain dan belajar lebih dalam terutama dalam pengerjaan
hitung bilangan bulat negatif dengan cara yang menyenangkan. Mistar hitung ini
dibuat sederhana dari kertas karton. Untuk guru ukurannya lebih besar yaitu 5 X
100 cm sebagai peragaan di depan kelas, sedangkan untuk siswa ukuran 1,5 X 14
cm disesuaikan dengan ukuran buku atau lembar kerja siswa. Ukuran tersebut
dibagi 20 bagian dengan rentangan dari angaka -10 sampai dengan +10. Model ini
dibuat 2 buah dengan warna yang berbeda (atas dan bawah).
Mistar pertama (M1)
deretan angkanya terletak dibagian bawah, sedangkan mistar kedua (M2)
deretan angkanya terletak di atas, sehingga jika dihimpitkan kedua angka (titik
angka) tersebut bisa berdekatan dan seletak, seperti pada gambar di bawah ini.
Selengkapnya download PTK Mis Tubilbul di sini.
Demikian semoga bermanfaat.
Selamat berbagi ilmu dan kebaikan.
Tetap semangat mendidik para putra penerus bangsa.
Indahnya berbagi ilmu, berbagi kebaikan. ^_^
Titanium Hair Clipper | Titsanium Hair Clipper
BalasHapusTitsanium Hair titanium flask Clipper is a 3D cutting tool that makes cutting is titanium expensive tools your 바카라 몬 body hair in a race tech titanium flexible and flexible benjamin moore titanium manner.